Muara Enim Target Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

Plt Sekda Muara Enim Emran Tabrani dan Kadis PPPA Muara Enim Vivi Mariani

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim bertekad meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk tahun 2021.

Hal ini disampaikan Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani saat memimpin rapat evaluasi gugus tugas KLA Kabupaten Muara Enim untuk pengisian indikator evaluasi KLA Tahun 2021, Senin (22/03/2021), di ruang rapat Serasan Sekundang.

Baca Juga:

Emran berharap motivasi, dorongan, dan bantuan, dari segenap unsur pemerintahan juga masyarakat, untuk saling bekerjasama agar tercipta pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, dan juga melibatkan anak dalam pembangunan serta menjadikan anak sebagai subyek dan bukan objek.

“Tujuan utama dari KLA ini adalah untuk membangun inisiatif pemerintah daerah yang mengarah pada upaya transformasi dan konvensi hak-hak anak. Oleh sebab itu kita menekankan kepada semua pihak terkait untuk bersama bersinergi dalam menyatukan pemikiran sehingga KLA dapat terwujud di Bumi Serasan Sekundang yang kita cintai ini,”ungkap dia.

Lebih lanjut Emran menyampaikan, banyak yang harus dipersiapkan untuk menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai kabupaten layak anak.

Salah satunya, kata dia dengan mengutamakan hak anak dalam kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dengan mengacu pada prinsip hak-hak anak yang dilakukan oleh UNICEF.

“Besar harapan kita melalui momentum baik ini bukan hanya penghargaan yang menjadi prioritas utama, melainkan agar menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai kabupaten yang dapat menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak melalui sistem pembangunan berbasis hak anak yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan dan program pemerintah daerah,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim Vivi Mariani menyampaikan siap untuk mendukung terwujudnya KLA di Bumi Serasan Sekundang.

“Kita akan segera bersisergi bersama unsur terkait dengan cara melakukan komitmen, membentuk gugus tugas, mengumpulkan data basis, menyusun rencana aksi daerah, mengadakan pemantauan dan evaluasi, serta melakukan pelaporan,” pungkasnya.