Besok Operasi Zebra, Bawa Surat Kendaraan Jika Berpergian

AKP Adik Listiyono, Kasatlantas Polres Muara Enim.

PALUGADA┬áNEWS.COM, MUARA ENIM– Seluruh Kepolisian Lalu Lintas se-Indonesia akan menggelar operasi lalu lintas bersandi Zebra atau Operasi Zebra.

Operasi ini akan digelar selama 2 pekan atau 14 hari, mulai Rabu (1/11/2017) besok hingga Selasa (14/11/2017).

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Adik Listiyono mengatakan Operasi zebra merupakan operasi terpusat dari Mabes polri yang pelaksanaannya serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Operasi Zebra merupakan operasi cipta kondisi dalam rangka menyiapkan masyarakat menghadapi lalulintas pada saat natal dan tahun baru. Karena kebiasaan masyarakat Indonesia, saat libur panjang mereka akan berlibur atau pulang kampung,” ujar Andik ketika di hubungi oleh Palugadanews.com, Selasa (30/10/2017).

Melalui operasi ini, lanjut Andik diharapkan terbangun kesadaran atau disiplin berlalu lintas dari pengguna kendaraan, sehingga akan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.


Berita Terkait:


Andik melanjutkan operasi zebra bertujuan membuat masyarakat lebih cerdas dan lebih siap dalam berkendaraan sesuai dengan aturan, mulai dari legalitas kepemilikan kendaraan dan surat-suratnya.

“Kita himbau agar para pengendara mematuhi aturan lalulintas, memakai kelengkapan pengaman pribadi seperti helm, sabuk pengaman, spion dan lain-lain demi keselamatan bersama,” lanjut Adik.

Selanjutnya Adik mengharapkan kepada masyarakat luas terutama Muara Enim dan PALI untuk membiasakan diri mematuhi aturan dan tatacara berkendara yang baik.

Mulai dari kelengkapan administrasi, kelengkapan pengaman pribadi dan kendaraan bermotor, berkendara dengan etika dan saling menjaga keselamatan pengguna jalan lain.

“Jangan kebut-kebutan di jalan, wajib memakai helm, serta jangan melawan arus agar selamat dalam berlalu lintas,” lanjutnya.

Terkait operasi ini, Satlantas Polres Muara Enim juga telah memberikan surat pemberitahuan kepada instansi pemerintahan dan swasta.

“Kita minta kepada mereka untuk memberikan himbau pada jajarannya agar mematuhi aturan berlalulintas, dan juga telah dilakukan sosialisasi via radio, sekolah-sekolah dan masyarakat umum bahwa akan dilaksanakan ops zebra,” tutup Adik.