Lantik 37 Kepala Desa, Ini Pesan Bupati Muzakir

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar melantik 37 kepala desa terpilih di Gedung Olahraga Pancasila, Muara Enim, Kamis (21/12/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIMĀ  — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar melantik 37 kepala desa terpilih di Gedung Olahraga Pancasila, Muara Enim, Kamis (21/12/2017).

Bupati Muzakir berpesan kepada para kepala desa yang baru dilantik untuk berhati-hati mengelola anggaran desa.

Disampaikan Muzakir, saat ini desa mempunyai hak otonomi untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri guna untuk menunjang percepatan otonomi daerah dan desa.


Berita Terkait:


Untuk melaksanakan hal tersebut, lanjut dia, kepala desa harus memahami peraturan-peraturan yang menyangkut masalah pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan terutama yang menyangkut keuangan desa karena saat ini telah menggunakan sistem keuangan desa (Siskeudes).

“Oleh karena itu diminta kepada kepala desa dan perangkatnya agar lebih hati-hati dalam melaksanakan roda pemerintahan terutama dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa,” ujar Muzakir.

Terkait dana desa, Muzakir meminta seluruh kepala desa melakukan musyawarah desa dalam menggunakan dana desa.

“Gunakanlah dana desa dengan sebaik-baiknya, selalu musyawarah mufakat dalam penggunaan dana desa agar tepat guna dan tudak bersentuhan dengan hukum,” ucap dia.

Muzakir juga berpesan agar jajaran perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bergandengan tangan dalam upaya meningkatkan pembangunan di desa.

Lebih lanjut, Muzakir berharap para kades terpilih harus mengakomodir aspirasi masyarakat yang dikoordinasikan dan dimusyawarahkan bersama BPD dan lembaga masyarakat sebagai mitra pemerintahan desa terutama dalam hal peningkatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat serta menggali sumber pendapatan desa.

“Dalam rangka mendukung upaya kemajuan desa, saya mintakan kepada saudara Kepala Desa dan Perangkat Desa, LPMD, BPD serta lembaga-lembaga desa yang ada agar terus berperan aktif serta meningkatkan kinerjanya,” pungkasnya.

Hadir dalam pelantikan Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Kapolres AKBP Leo Andi Gunawan, Ketua DPRD Muara Enim Aries HB, unsur FKPD dan OPD dilingkup Pemkab Muara Enim.