Bupati Gelar Rapat Koordinasi Pilkada Muara Enim

16 Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menggelar rapat kordinasi lintas sektoral terkait pelaksanaan Pilkada Muara Enim 2018, Senin (16/04/2018).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Rapat kordinasi lintas sektoral terkait pelaksanaan Pilkada Muara Enim 2018, digelar di Ruang Rapat Serasan I Pemkab Muara Enim, Senin (16/04/2018).

Rapat dipimpin langsung Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar. Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Muara Enim, Ketua KPUD Muara Enim, Panwaslu, Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Kasipidum Kejari Muara Enim, FORKOPINDA, dan OPD di lingkup Pemkab Muara Enim.

Banyaknya persoalan serta hambatan yang dialami terkait penerbitan e-KTP, diantaranya kekurangan blanko, kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman, proses pengiriman data perekaman ke server pusat, kurang optimalnya jaringan, kesulitan mendapatkan tinta cetak menjadi bahan rapat tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil Muara Enim Iqbal mengatakan, sampai saat ini wajib KTP di Kabupaten Muara Enim sebanyak 403.264 jiwa, sedangkan yang sudah melakukan perekaman sudah mencapai angka 363.188 jiwa dan yang belum melakukan perekaman terdapat 50.076 jiwa.

“Sampai hari ini yang sudah mempunyai  e-KTP sebanyak 363.188 jiwa, yang belum mempunyai e-KTP 4.076 jiwa, sedangkan Suket sebanyak 13.160 jiwa. Sementara blanko e-KTP yang tersedia sebanyak 13.000 blanko. Kita masih kekurangan blanko 8,000 dan juga terhambat karena rusaknya dua mesin cetak e-KTP yang sebelumnya ada tiga mesin,” terang Iqbal.

Sementara itu, Ketua KPUD Muara Enim Rohani mengatakan coklit yang dilakukan PPS di desa dan kelurahan di Kabupaten Muara Enim, sampai saat ini Daftar Pemilih Sementara (DPS) terdapat 415. 827 dan yang belum memiliki KTP sebanyak 31.000 mata pilih.

Dari jumlah tersebut , lanjut dia, yang sudah melakukan pembuatan KTP sebanyak 10.000 mata pilih dan yang belum sebanyak 21.000 mata pilih.

“Paling lambat 19 April mendatang DPS tersebut sudah bisa difinalkan, karena kita akan melakukan rapat pleno terkait Daftar Pemilih Tetap Pilkada Serentak 2018 di Muara Enim,” tutur Rohani.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar berharap agar proses Pilkada serentak di Kabupaten Muara Enim berjalan dengan lancar dan aman sehingga situasi dan kondisi kabupaten Muara Enim tetap kondusif.

“Keberhasilan sebuah pesta demokrasi bukan dilihat siapa yang menang namun dilihat dari siapa pelaksananya serta keberhasilan pelaksanaannya. Untuk itu pada Pilkada ini kita targetkan partisipasi pemilih agar meningkat, minimal 76 %, sama seperti tahun 2013 lalu,” tutup Muzakir.