BAZNAS: Baru Tiga Sekolah Di Kabupaten Muara Enim yang Memiliki UPZ

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Muara Enim menyampaikan saat ini hanya tiga sekolah yang sudah memiliki Unit Pengumpulan Zakat (UPZ).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua II BAZNAS Kabupaten Muara Enim Abdul Latif, saat penyerahan bantuaan pembangunan mushalla SMP Negeri 1 Ujanmas, Selasa (18/09/2018) di Aula Laboratorium SMP Negeri 1 Ujanmas.

“Alhamdulillah sampai hari ini sudah terdapat tiga sekolah di Kabupaten Muara Enim yang bersedia menerima kehadiran BAZNAS. SMP Negeri 1 Ujanmas merupakan sekolah ketiga yang akan membentuk UPZ dilingkungan sekolahnya, setelah SMP Negeri 1 Lawang Kidul dan SMP Negeri 2 Muara Enim,” terang Abdul Latif.


Berita Lain:


Abdul Latif menyampaikan, Baznas Muara Enim memiliki beberapa kegiatan yang mendukung program pemerintah daerah yaitu Muara Enim Sehat dengan membangun sanitasi dan  jamban bagi warga miskin yang tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan memberikan BPJS kesehatan kepada warga miskin.

Kemudiaan BAZNAS juga memiliki Program Muara Enim Pintar, program ini menyasar biaya pendidikan terhadap keluarga miskin yang tidak mendapatkan beasiswa dari pemerintah ataupun pihak lain.

“Kita juga memiliki program Muara Sejahtera yang bekerja sama juga dengan Yonif 141 AYJP. Kemudian program Muara Enim Makmur yang ditujukan untuk para pelaku UMKM yang ingin usaha kecil-kecilan dengan tujuan agar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” lanjutnya.

Abdullah mengharapkan agar kesadaran masyarakat Kabupaten Muara Enim membayar zakat meningkat karena dengan meningkatnya kesaradan membayar zakat, akan mampu meningkatkan kesejahteraan umat.

“Tahun 2017 penerimaan dana zakat dan ifaq di Kabupaten Muara Enim mencapai Rp. 1,2 miliar. Tahun 2018 ini diharapkan mencapai Rp.1,5 miliar, dapat menyamai Kota Padang yang mencapai Rp 2 Miliar. Sehingga kesejahteraan umat akan mampu ditingkatkan melalui dana zakat yang terkumpul di BAZNAS Muara Enim,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Ujanmas Ipan Darmanto dalam sambutannya, menyambut baik kehadiran BAZNAS Muara Enim sehingga mampu memberikan pengetahuan tentang zakat.

Menurut Ipan Darmanto, dengan adanya tim dari BAZNAS ini, SMP Negeri 1 Ujanmas akan langsung membentuk UPZ unit SMP Negeri 1 Ujanmas.

“Alhamdulillah dengan adanya pengarahan ini kita sangat berterimakasih kepada BAZNAS Muara Enim dan setelah ini kami akan langsung membentuk UPZ unit SMP Negeri 1 Ujanmas sehingga nantinya akan mampu mengumpulkan dana zakat dari dewan guru dan staf TU serta siswa,” tutupnya.