Pelaksanaan Vaksinasi akan Disebar di 28 Titik di Kabupaten Muara Enim

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Vivi Mariani

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Vivi Mariani mengatakan program vaksinasi di Kabupaten Muara Enim akan dilaksanakan di 28 titik diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

“Kami menyiapkan sebanyak 28 titik lokasi pemberian vaksin yakni diseluruh puskesmas dan rumah sakit. Vaksin akan diberikan sebanyak 2 kali kali untuk tiap penerima dengan dua tahap,” kata  Vivi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Muara Enim, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga:

Vivi mengatakan pemberian vaksin berdasarkan penetapan prioritas dengan ketersediaan vaksin, penduduk dan wilayah berisiko atau sesuai roadmap pelaksaan vaksinasi Covid-19 Kementrian Kesehatan RI.

Adapun kelompok prioritas yakni garda terdepan, medis dan paramedis, tracing, pelayanan publik termasuk TNI/Polri serta aparat hukum. Lalu masyarakat seperti tokoh agama, perangkat daerah serta sebagian pelaku ekonomi.

“Kemudian seluruh tenaga pendidikan, aparatur pemerintah, serta peserta BPJS PBI,” urainya.

Vivi berharap masyarakat Kabupaten Muara Enim mendukung pelaksaan vaksinasi Covid-19 sehingga berjalan sesuai rencana pemerintah.

Vaksinasi Covid-19 tersebut, kata dia, selain bertujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, juga untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) guna mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

“Vaksin untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,” pungkasnya.