Kondisi Muara Enim Memprihatikan, Nasrun Umar Minta ASN Tetap Tenang

Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar menemui korban kebakaran di Jalan Raya Air Paku, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (17/2/2021).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Hari pertama sebagai Plh Bupati Muara Enim, Nasrun Umar menemui korban kebakaran di Jalan Raya Air Paku, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (17/2/2021).

Nasrun didampingi Plt Sekda Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani, Plt Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki dan sejumlah pejabat Pemkab Muara Enim lainnya memberikan sejumlah bantuan untuk para korban.

Baca Juga: Beredar Surat Pengangkatan CPNS Jalur Khusus, Kemenpan RB: Itu Hoaks

Kepada wartawan yang menemuinya di lokasi kebakaran, Nasrun mengatakan dirinya sebagai Sekda Provinsi menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mengawal Pemerintah Kabupaten Muara Enim pasca ditahannya Bupati Juarsah oleh KPK.

“Saya datang kesini untuk mengayomi semuanya, kita tidak bicara politik tapi sebagai profesionalisme ASN yang mendukung pemerintahan birokrasi di Muara Enim,” ungkap dia.

Baca Juga: Pemkab Muara Enim Mulai Lakukan Vaksin Covid-19 Tahap Dua

Dia mengatakan, Pemprov Sumsel sebagai pihak yang menaungi pemerintah daerah kabupaten/kota sangat prihatin tentang kondisi pemerintahan Kabupaten Muara Enim karena bupati dan wakil bupati sama-sama terjerat hukum sehingga terjadi kekosongan kepemimpinan.

“Muara Enim sungguh membuat kita prihatin, bupati dan wakil bupati tersandung hukum. Walaupun kita harus tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah,” ucapnya.

Kondisi demikian kata dia, dapat menimbulkan beban psikologis para ASN sebagai penyelenggara kegiatan pemerintahan. Untuk itu, dirinya akan segera mengadakan pertemuan untuk menenangkan hati ASN.

Baca Juga: Sambangi Pemkab Muara Enim, PGRI Tagih Janji Bupati Soal Renovasi Mess

“Tentu ada kegalauan pada ASN, tapi itu tak boleh terjadi. Insya Allah besok (hari ini) kita akan konsolidasi bersama,” ujarnya.

Dia juga menghimbau agar ASN Pemkab Muara Enim tetap tenang dalam kondisi apapun.

“Saya menghimbau untuk tetap tenang. Sebab pemerintahan dan pelayanan publik harus tetap terjaga dengan baik karena fungsi dan tugas pemerintah untuk menjalankannya,” pungkasnya.