Muara Enim Siap Angkat Kerajinan Lokal dan Industri Kreatif

Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar mengikuti pembukaan rakerda Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Selatan dan rakor TKK Provinsi Sumatera Selatan 2021 secara virtual di hotel Aryaduta Palembang 

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar mengikuti pembukaan rapat kerja daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan dan rapat koordinasi (Rakor) TP PKK Provinsi Sumatera Selatan 2021 secara virtual di hotel Aryaduta Palembang.

Kegiatan yang dibuka Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru tersebut diikuti seluruh kepala daerah di Sumatera Selatan disiarkan dari command Center Kantor Gubernur Sumatera Selatan.

Baca Juga:

Nasrun Umar disela kegiatan tersebut menyampaikan harapannya agar Dekranasda dan TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dapat maksimal mengakomodir dan mengangkat kerajinan lokal maupun industri kreatif di Kabupaten Muara Enim.

“Kita berharap segala potensi kerajinan lokal dan industri kreatif di Kabupaten Muara Enim dapat diakomodir untuk diangkat dan dipromosikan lebih maksimal oleh Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan. Termasuk memfasilitasi pembinaan dan pelatihan sehingga produk kerajinan dan industri kreatif yang ada di Kabupaten Muara Enim,” kata dia..

Dia juga berharap para penggiat kerajinan dan industri kreatif di Muara Enim dapat lebih berinovasi, menambah nilai jual dan tentunya berdaya saing.

“Saya menegaskan Pemkab Muara Enim dan TP PKK Kabupaten Muara Enim siap bersinergi menyamakan langkah dan persepsi dalam mewujudkan harapan tersebut demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Nasrun mengatakan Kabupaten Muara Enim memiliki wilayah yang luas, terdiri dari 22 kecamatan dengan beragam kerajinan lokal maupun industri kreatif.

“Muara Enim memiliki beragam kerajinan dan induatri kreatif, seperti batik kujur dari Semende, batik dehian dari Tanjung Agung, batik khaman dari Rambang Niru, pisang himpi dari Ujan Mas, sirup sari lemon dari Gelumbang dan dodol nanas maupun Kkerupuk dari Lembak sangat menjanjikan untuk dikembangkan sehingga nanti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” lanjutnya.

Dia berharap berbagai potensi tersebut harus didukung oleh semua pihak. Tidak hanya pemerintah daerah tapi juga  Dekranasda dan TP PKK Provinsi Sumatera Selatan

“Untuk itu saya memastikan jajaram  OPD terkait untuk bekerja lebih ekstra bersinergi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya dalam melambungkan produk lokal Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.