Hari Guru Nasional, Bupati Muzakir: Guru Harus Menjadi Teladan

Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, memberikan penghargaan kepada guru berprestasi di Kabupaten Muara Enim, Jumat (24/11/2017)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Tugas utama seorang guru adalah mendidik, untuk itu dia harus mampu menjadi teladan dan contoh yang baik bagi anak didiknya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional (HPN) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Jumat (24/11/2017) di lapangan SD Negeri 6 dan 17 Muara Enim.


Berita Terkait:


Bupati Muzakir mengatakan, Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ini merupakan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah diabdikan oleh insan guru dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Muzakir menuturkan, dalam mendidik siswa, guru hendaknya menerapkan disiplin, karena seorang pendidik itu harus memberikan contoh yang baik untuk diikuti peserta didik sebagai panutan hidup.

“Seorang guru itu harus menjadi contoh bagi peserta didiknya, dan tindak tanduknya dapat dipercaya bagi para peserta didik agar selalu dapat dipercaya dan menjadi contoh,” pungkasnya.

Melalui peringatan HGN dan HUT PGRI, Muzakir berharap eksistensi PGRI dapat ditingkatkan dan menjadikannya sebagai organisasi profesi serta membangun solidaritas dan kesetiakawanan anggota bukan hanya sebatas sebuah peringatan dalam bentuk seremonial semata.

“Sebuah organisasi harus mampu meningkatkan semangat dan menggugah pihak lain untuk berbuat maksimal dalam memuliakan guru. Sehingga mutu pendidikan di Indonesia semakin maju,” tutupnya.

Upacara tersebut diikuti Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dewan Pensehat PGRI Muara Enim, serta para guru yang mengabdi di lingkup Kabupaten Muara Enim.

Selain upacara, peringatan HGN dan HUT PGRI juga dilakukan pemberiaan penghargaan kepada guru berprestasi dan lomba nasi tumpeng dengan tema Hari Guru Nasional.