Guru dan PTT Honorer di Muara Enim Akan Terima Gaji Awal April 2020

(Foto: ilustrasi)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM –  Ribuan guru dan pegawai honorer di TK, SD, dan SMP di Kabupaten Muara Enim yang belum menerima honor selama 4 bulan sejak awal 2020 kini bisa bernafas lega.

Pasalnya pemerintah daerah segera mencairkan dana untuk membayar honor mereka pada minggu pertama April 2020 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim Irwan Supmidi melalui Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ratmanuddin mengatakan, keterlambatan gaji pegawai harian lepas (PHL) disebabkan keterlambatan sekolah-sekolah menyampaikan data ke dinas.

Baca Juga:

“Soal terlambat pencairan gaji PHL ini karena data yang kita terima dari sekolah-sekolah terlambat disampaikan ke kita. Kalau tidak ada halangan dalam minggu ini akan dicairkan,” ungkap Ratman, Kamis (2/4/2020), saat dikonfirmasi melalui layanan pesan whatsapp.

Ratman menjelaskan, jumlah penerima honor PHL meningkat dari tahun sebelumnya. Namun jumlah nominal upah tidak naik dari sebelumnya.

“Jumlah seluruhnya 3.050 guru, pegawai yang menerima honor PHL terdiri dari guru TK,SD, SMP dan TU. Untuk nominal upahnya sama seperti tahun 2019 lalu. Tapi jumlah penerima meningkat dari 2.850 orang menjadi 3.050 orang di tahun 2020,” pungkasnya.

Adapun besaran honorer PHL setiap bulannya yaitu pendidikan S1 sebesar Rp 900 ribu, diploma Rp700 ribu, dan SMA Rp 500 ribu. Guru dan pegawai honorer penerima PHL ini tidak lagi menerima gaji dari dana bantuan operasional sekolah (BOS).