Cegah DBD, Babinsa Koramil 404-06 Semende Gotong Royong Bersama Masyarakat Bersihkan Lingkungan

Babinsa Koramil 404-06 Semende bersama Pemerintahan Desa Datar Lebar dan masyarakat gotong royong membersihkan lingkungan di Desa Datar Lebar, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Senin (12/10/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Antisipasi berkembang biaknya nyamuk DBD menjelang musim penghujan, Babinsa Koramil 404-06 Semende bersama Pemerintahan Desa Datar Lebar dan masyarakat gotong royong membersihkan lingkungan Desa Datar Lebar, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Senin (12/10/2020).

Babimsa Kopda Aris Munandar mengatakan, kegiatan yang diinisiasi pihaknya ini mengajak masyarakat desa untuk menerapakan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan agar terciptanya sanitasi lingkungan yang baik untuk mencegah penyakit DBD di musim penghujan.

Baca Juga:

“Ya, seperti kita ketahui bersama masuk di musim penghujan seperti saat ini, apabila kita tidak secara intensif menjaga kebersihan lingkungan, bisa dipastikan dapat menimbulkan jentik nyamuk berada di saluran air kotor berkembang biak,” ungkapnya.

Pihaknya, kata dia, mengajak masyarakat untuk melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air kotor di Desa Datar lebar, Kecamatan SDU.

“Untuk mencegah agar masyarakat di Desa Datar Lebar ini terhindar dari penyebaran penyakit DBD, kita akan terus mengajak masyarakat melakukan pembersihan seperti ini,” lanjutnya.

Sementara itu Danramil 404-06 Semende Kapten Inf Aprizal mengatakan, kegiatan gotong royong yang di lakukan pihaknya melalui Babinsa selain sebagai pencegahan dan memberantas jentik nyamuk DBD di musim penghujan juga sebagai komunikasi sosial untuk menjalin hubungan harmonis yang baik antara Babinsa Koramil 4040-06 Semende dengan desa binaanya.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat diapresiasi baik oleh pemdes dan masyarakat Desa Datar lebar, terbukti belasan masyarakat dan pemdes mengikuti gotong royong membersihkan lingkungan,” urainya.

Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan gotong royong tersebut juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

” Dengan kita perduli kebersihkan lingkungan tempat tinggal kita secara otomatis juga akan menyehatkan badan, sehinga terhindar dari segala macam penyakit maupun wabah penyakit,” pungkasnya.