Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Muara Enim Terima 3 Penghargaan

Muara Enim menerima 3 penghargaan dari Gubernur Sumsel pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2020.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Plt Bupati Muara Enim Juarsah menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru sebagai pembina Proklim terbaik Provinsi Sumatera Selatan 2020, Sabtu (28/11/2020) kemarin.

Mewakili Bupati Muara Enim, penghargaan yang diserahkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2020 tingkat Provinsi Sumsel di Desa Perjaya, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur tersebut, diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaluddin.

Baca Juga:

Penghargaan ini diberikan atas konsistensi Pemkab Muara Enim mempertahankan gelar juara Program Kampung Iklim (Proklim) lestari tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI selama 2 tahun berturut-turut untuk Desa Sidomulyo di Gunung Megang dan Desa Pelakat di Semende Darat Ulu (SDU).

Gubernur Sumsel menilai Plt Bupati sebagai kepala daerah berhasil membina para kepala desa dan perusahaan sekitar dalam berkomitmen mewujudkan Kabupaten Muara Enim menjadi daerah yang ramah lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

Gubernur Sumsel juga menganugerahkan Piala Kalpataru kepada Kepala Desa Pelakat, Kohapa sebagai Perintis Lingkungan Provinsi Sumsel tahun 2020.

Selain itu, Gubernur Sumsel juga memberikan Piala Adiwiyata untuk 3 sekolah di Kabupaten Muara Enim, yaitu SDN 1 Gelumbang, SDN 1 Lawang Kidul dan SDN 12 Lawang Kidul.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Palugadanews.com, Minggu (29/11/2020), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaluddin menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih merupakan bentuk konsistensi Pemkab Muara Enim mengambil kebijakan-kebijakan terkait pelestarian alam.

“Lingkungan yang baik juga butuh komitmen dan kerja sama yang baik pula dengan perusahaan-perusahaan yang ada. Inilah yang terus digaungkan Plt. Bupati agar terjalinnya sinergi antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam menjaga lingkungan,” kata dia.

Terpisah, Plt Bupati Muara Enim Juarsah menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih. Dia berharap penghargaan tersebut dapat dijadikan motivasi berbuat lebih baik lagi dalam mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan hidup di Kabupaten Muara Enim.