Pengurus SMSI Muara Enim Resmi Dilantik

Pelantikan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Muara Enim di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Selasa (3/11/2020).

PALUGADANEWS.com, Muara Enim – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Muara Enim resmi dilantik di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim, Selasa (3/11/2020).

Pelantikan dilakukan Ketua SMSI Sumsel Jhon Heri, dihadiri Plt Bupati Muara Enim, Forkopimda, Ketua Bawaslu Muara Enim, Manajer Humas PTBA dan Ketua SMSI se Sumsel.

Ketua SMSI Muara Enim, Hafizul Ahoak, mengatakan kesiapan SMSI Muara Enim menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada demi terciptanya pembangunan yang kondusif di Kabupaten Muara Enim.

“Hadirnya SMSI di Kabupaten Muara Enim sebagai wadah berkumpulnya para pemilik media siber di kabupaten Muara Enim sebagai cerminan dan kontrol sosial pembangunan di Kabupaten Muara Enim. Apalagi SMSI merupakan organisasi yang resmi menjadi konstituen dewan pers setelah PWI sebagai wadah organisasi profesi wartawan yang hadir di Kabupaten Muara Enim,” kata dia.

Baca Juga:

Sementara itu ketua SMSI Sumsel, Jhon Heri, menyampaikan kehadiran SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia melihat maraknya media online yang berada di luar jalur kaidah jurnalistik.

“SMSI dan PWI ini organisasi yang sama-sama konstituen dewan pers. SMSI terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan di bidang siber yang sudah sangat jauh dari kaidah dan aturan jurnalistik,”urainya.

SMSI diresmikan tahun 2015, bertugas membimbing media siber yang ada untuk memenuhi syarat-syarat menjadi anggota dewan pers menuju perusahaan media yang profesional.

“SMSI ini mempunyai wewenang melakukan bimbingan bagi para pemilik media siber untuk melengkapi syarat sebagai media hingga tidak terjerat UU ITE. Maka itu mari bagi kawan-kawan yang memiliki website untuk melengkapi segala persyaratan yang ada hingga medianya memiliki akta perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya,” terang Jhon.

Sementara Plt Bupati Muara Enim Juarsah mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus SMSI Muara Enim. Dia berharap sinergitas antara SMSI dan Pemkab Muara Enim dapat terjalin dengan baik.

“Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab. Memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif,” harapnya.

Juarsah mengajak awak media untuk dapat berkontribusi langsung dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

“Sayapun mengajak rekan-rekan media untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui perannya sebagai kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan dan menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam sebuah demokrasi, terdapat empat pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif, legislatif, yudikatif dan pers sebagai kontrol sosial,” pungkasnya.