Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023, Dorong Pencapaian Visi Muara Enim Merakyat

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tentang perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023 di ruang Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Kabupaten Muara Enim.

Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar dalam arahannya mengatakan, terbitnya aturan perundang-undangan setelah penetapan RPJMD dan situasi yang dianggap tidak relevan lagi terhadap RPJMD yang telah ditetapkan, maka tentunya hal tersebut perlu segera ditindaklanjuti dengan revisi mengenai penyesuaian strategi dalam kebijakan pembangunan daerah sehingga nantinya mampu mengatasi permasalahan dan tepat sasaran sesuai visi Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga:

Selain itu, kata dia, dampak dari bencana non-alam pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada kondisi perekonomian nasional maupun regional sehingga memengaruhi pelaksanaan pembangunan yang sudah direncanakan, tentunya menjadi salah satu pertimbangan mendasar dari perubahan RPJMD ini.

“Melalui Musrenbang Perubahan RPJMD ini, maka dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Bumi Serasan Sekundang serta meningkatkan koordinasi, sinergi, sinkronisasi serta integrasi pelaksanaan tugas dan fungsi antar-perangkat daerah sehingga nantinya bermuara pada peningkatan kinerja pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Nasrun juga berpesan agar seluruh perangkat daerah segera melakukan penyesuaian terhadap rencana strategis perangkat daerah dan dokumen perencanaan lainnya dengan berpedoman pada perubahan-perubahan yang dilakukan pada RPJMD Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023 dan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan pada setiap tahunnya.

“Hasil Musrenbang ini akan mengedepankan prioritas program pembangunan sesuai dengan relevansi yang ada dan menjadi penyempurna dari Rancangan Perubahan RPJMD Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023,” lanjut dia.

Musrenbang ini dihadiri Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Kemendagri Nyoto Suwignyo dan Guru Besar Unsri Prof. Didik Susetyo. Kesepakatan dan hasil Musrenbang ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Plh Bupati Muara Enim, Ketua DPRD dan para perwakilan tokoh masyarakat.