Pemkab Muara Enim Teken MoU dengan BI Sumsel, Kembangkan Kopi Semendo

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dan Kepala BI perwakilan Sumsel Rudy Khairudin menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan produk unggulan Kopi Arabika yang ada di wilayah Kecamatan Semendo.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemkab Muara Enim bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), di ruang rapat Pangripta Sriwijaya, Kantor Bappeda Muara Enim, Selasa (30/01/2018).

Penandatanganan MoU tersebut berkaitan dengan program pengembangan produk unggulan kopi yang ada di wilayah Kecamatan Semendo khususnya Kopi Arabika.


Berita Terkait:


Dalam sambutannya Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menyambut baik kerjasama ini. Menurut Muzakir, pendampingan dan pelatihan yang akan dilakukan Bank Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi petani kopi Semendo.

“Pemkab Muara Enim menyambut baik kerjasama ini, kehadiran Bank Indonesia diharapkan disambut positif semua masyarakat guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi para petani kopi di semendo,” ujar Muzakir.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sumsel, Rudy Khairudin, mengatakan, potensi Kopi Arabika di wilayah Kecamatan Semendo dinilai sangat menjanjikan.

“Pontesi kopi jenis Arabika khususnya di wilayah Kecamatan Semendo cukup besar. Kwalitasnya tidak kalah dengan daerah lain. Selain itu Semendo merupakan daerah dataran tinggi yang sangat cocok untuk tanaman Kopi Arabika,” ujar Rudy.

Untuk itu, lanjut dia, BI wilayah Sumsel akan mendorong dan memperkuat industri kopi di wilayah Sumsel khususnya Muara Enim. “Kita ingin Muara Enim jadi sentra penghasil kopi nasional, tentu kerja keras ini pada akhirnya akan berdampak kesejahteraan petani di desa,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Muara Enim, Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muaraenim, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim, Kepala Bappeda Muara Enim dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim.