Warga Ujanmas Lama Tagih Pembangunan Jembatan

Rapat Koordinasi Dinas Instansi Pemkab Muara Enim Dapil I, Kamis (12/4/2018) di halaman kantor Camat Gunung Megang.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Masyarakat Desa Ujanmas Lama, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim, menagih jembatan permanen yang dijanjikan akan dibangun di desa mereka beberapa tahun lalu.

Hal ini disampaikan salah seorang perwakilan masyarakat Ujanmas yang juga anggota BPD Ujanmas Lama Saiffudin dalam acara Rapat Koordinasi Dinas Instansi Pemkab Muara Enim Dapil I, Kamis (12/4/2018) di halaman kantor Camat Gunung Megang.

Saiffudin mengharapkan pemerintah segera membangun jembatan permanen di Desa Ujanmas Lama, karena jembatan gantung yang ada masih belum bisa mengatasi permasalahan akses menuju seberang Sungai Lematang.

“Jembatan permanen sangat dibutuhkan masyarakat, karena jembatan gantung yang ada tidak dapat mengatasi volume kendaraan bermotor menuju seberang sungai. Kendaraan roda empat juga tidak bisa melalui jembatan gantung tersebut. Apalagi di seberang sungai terdapat dusun dari dua desa yang ada di Kecamatan Ujanmas,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUPM) Muara Enim A . Yani menerangkan, pembangunan jembatan permanen di Desa Ujanmas Lama sudah menjadi rencana sejak beberapa tahun lalu.

Namun kata dia, sampai saat ini masih terkendala biaya yang cukup besar. Di tahun 2018 ini, Pemkab Muara Enim telah menganggarkan jalan menuju jembatan tersebut.

“Jembatan permanen ini memakan biaya cukup besar, contohnya saja untuk pembangunan pondasinya bisa mencapai 15 Miliar. Kita memerlukan dana APBN untuk pembangunannya, tetapi saat ini APBN masih mengalami kendala defisit anggaran. Namun tahun 2018 ini, kita sudah alokasikan dana pembangunan jalan menuju jembatan tersebut,” jelasnya.

Yani melanjutkan, untuk mengatasi hal tersebut, tahun 2018 ini Kecamatan Ujanmas mendapatkan jembatan gantung yang diharapkan dapat menopang perekonomian masyarakat selama persiapan perencanaan jembatan permanen tersebut.

“Tahun 2018 ini kita akan membangun jembatan gantung di Desa Ujanmas Baru, untuk menopang perekonomian masyarakat, sebelum jembatan permanen dibangun,” pungkas Yani.