325 Calon Haji Muara Enim Mulai Ikut Manasik

Pembukaan kegiatan manasik haji Kabupaten Muara Enim, Rabu (19/6/2019).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – 325 Calon Jamaah Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim, terdiri dari 160 jamaah laki-laki dan 165 jamaah perempuan, mulai mengikuti manasik tingkat kabupaten.

Kegiatan bimbingan manasik haji tingkat ini dibuka Bupati Muara Enim,  Rabu (19/6/2019), di Masjid Agung, kota Muara Enim.

Bupati Muara Enim dalam sambutannya mengingatkan para JCH agar mempersiapkan fisik dan mental spritual. Sebelum meninggalkan tanah air menuju Mekkah, JCH diminta juga menjaga berat badan.

Baca Juga:

“Supaya tetap fokus menjalankan ibadah di sana, jamaah hendaknya tetap sehat karena di sana butuh kekuatan fisik, untuk yang memiliki fisik gemuk (gendut, red) supaya kurangilah dikit,” pesan Yani.

Berdasarkan pengalamannya menunaikan ibadah haji, Yani mengatakan beribadah haji memerlukan banyak tenaga. “Selama persiapan memang kita sudah merasa siap, tapi di sana nanti akan lebih berat lagi,” ceritanya.

Yani juga meminta para jaamah menjaga sikap selama di negeri orang, selalu bersabar selama beribadah supaya tidak mengganggu ketertiban dan kelancaran ibadah.

“Terus juga jangan sombong, jangan sekali-kali ngomong Masjid Haram itu kecil dak ke sesat, siapo ngomong cak itu aku jamin pasti di sano dio sesat,” tutur Yani.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim Abdul Harris Putra menyampaikan,  kegiatan manasik dilakukan dalam upaya memperkenalkan dan mensosialisasikan tata cara ibadah dan teknis pelaksanaan haji kepada JCH sebelum berangkat.

“Manasik haji ini digelar agar jamaah mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai rukun dan wajib haji, sehingga memudahkan jamaah selama menjalankan ibadah haji, dengan harapan seluruh JCH mendapat haji mabrur,” ucapnya.