Meski Diguyur Hujan, Renungan Suci Berjalan Lancar

Apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT RI ke- 75 tahun di Kabupaten Muara Enim, Senin (17/8/2020) dini hari.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Meski sempat diguyur hujan, namun apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT RI ke- 75 tahun di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi Muara Enim, , Senin (17/8/2020) dini hari, berlangsung lancar dan khidmat.

Tepat pada pukul 00.00 WIB, semua penerangan dipadamkan dan kemudian puluhan anggota Pramuka menyalakan lilin.

Baca Juga:

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci dipimpin inspektur upacara Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syahputra.

Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, doa bersama dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Plt Bupati Muara Enim Juarsah mengatakan bahwa upacara ini merupakan agenda tahunan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pejuang kemerdekaan RI.

“Renungan suci ini adalah sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Juarsah selesai upacara.

Walaupun ditengah pandemi Covid 19, Juarsah bergarap agar momentum peringatan HUT RI ini tetap terjaga dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci ini kita laksanankan dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan semoga tidak mengurangi makna serta khidmatnya upacara ini,” ujarnya.

Kegiatan upacara tersebut dihadiri Danrindam II Sriwijaya, Danyonif 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, pejabat Pemkab Muara Enim, pasukan gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri serta ASN dan pramuka.