Gubernur Sumsel Panen Panen Padi di Desa Pinang Belarik

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengikuti panen raya padi di Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim, Kamis (20/8/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bersama Plt Bupati Muara Enim Juarsah mengikuti panen raya kegiatan panen raya padi IP200 di Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim, Kamis (20/8/2020).

Herman Deru, mengaku salut kepada petani di Sumsel. Lantaran berhasil panen hingga dua kali di tengah musim kemarau. Atas kerja keras petani, Pemprov Sumsel kemudian memberikan hadiah peralatan pertanian, pupuk, serta membuatkan sodetan hingga ke lokasi persawahan menggunakan pompa submersible.

Baca Juga:

“Kita sudah menyaksikan bagaimana hebatnya petani disini dengan sawah tak ada hujan dapat panen sebanyak 2 kali. Untuk itu kita akan mendorong petani agar bisa panen ketiga kali dengan cara membuatkan sodetan ke lokasi persawahan menggunakan pompa submersible,” kata dia.

Herman Deru mengungkap, semua kekayaan alam ada di Kabupaten Muara Enim, untuk itu harus dikelola dengan baik. Pengelolaan ini, kata Deru harus dilakukan dengan baik melalui bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

“Jangan sampai kita pakai program coba-coba. Selain akan menelain biaya tinggi, tentu potensi gagalnya pun akan tinggi. Misalnya soal bibit, belum tentu bibit yang di daerah lain bagus, cocok dengan keadaan wilayah di sini, begitu pun sebaliknya,” katanya.

Dalam kunjungan ini, dia sengaja mengajak semua kepala OPD di provinsi untuk mendampingi kegiatannya dengan harapan para pejabat tersebut dapat melihat langsung permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

Provinsi Sumsel, kata dia, menargetkan produksi padi mencapai 4.925.191 ton GKG pada 2020. Hingga 17 Agustus 2020, produksi padi di Sumsel telah mencapai 2.899.041 ton GKG dengan luas tanam baru mencapai 840.663 hektare.

“Untuk meningkatkan produksi saya intruksikan seluruh instansi terkait membuat programnya, membuat saluran yang dibutuhkan. Tapi tentu juga bupati punya tugas menyemangati petani, melengkapi infrastruktur yang dibangun itu nanti,” pungkasnya.