Pipa Pertamina Limau Bocor, Tinggi Semburan Capai 20 Meter

Kebocoran pipa milik PT Pertamina di Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Megang mengakibatkan minyak mentah menggenangi lahan warga. 

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM -Pipa distribusi minyak milik PT Pertamina Limau yang berada di Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Megang, Muara Enim bocor, dan menyemburkan minyak mentah.

Kepala Desa Tanjung Muning Subran Lekat, saat dihubungi membenarkan adanya kebocoran pipa milik Pertamina di desanya. Menurut Subran kebocoran terjadi pada Senin 31 Agustus 2020, sekitar pukul 9.30 WIB.

Insiden ini menyebabkan empat lahan warga yang berada disekitar terkena semburan minyak mentah. “Ada empat warga yang lahannya terkena dampak semburan minyak mentah. Tapi sudah dibersikan oleh Pertamina menggunakan vacum,” kata dia, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga:

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun ada seorang warga yang terluka akibat terkena semburan minyak mentah dan warga tersebut telah diobati.

“Kita sudah komunikasi dengan Pak Angga, Humas Pertamina yang turun kemarin. Katanya Insya Allah seminggu paling lambat ada penyelesaian dan negoisasi untuk ganti rugi warga,” lanjutnya.

Sementara itu, Humas PT Pertamina Limau Field Aprianto saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp membenarkan kebocoran pipa tersebut. Namun ia menyebut, pipa yang bocor tersebut baru satu tahun diganti.

“Kalau pipa yang bocor kemarin belum lama diganti, sekitar satu tahun lah,” kata dia. Terkait penyebab utama kebocoran, pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut.

Sementara untuk penanganan, Pertamina telah melakukan clamp sementara untuk menghentikan kebocoran. “Pipa bocor tersebut nanti akan diganti dengan pipa baru,” urainya.