Imigrasi Muara Enim Luncurkan Layanan Inovasi On The Spot Service

Petugas Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim memberikan pelayanan jemput bola “On The Spot service” pengurusan izin tinggal bagi TKA dan WNA di Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim luncurkan layanan terbaru bagi warga negara asing dalam melakukan permohonan izin tinggal di masa pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha mengatakan, layanan inovasi tersebut diberi nama “On The Spot service”.

Baca Juga:

Dia mengatakan, “On The Spot service” merupakan layanan jemput  bola diperuntukan bagi warga negara asing atau tenaga kerja asing yang ada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim untuk melakukan permohonan izin tinggal.

“Layanan ini dibuat karena pandemi Covid-19, kami mengambil langkah sebagai bentuk kepedulian dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 agar tidak menjadi klaster baru di perkantoran khususnya pada Kantor Imigrasi Muara Enim,” ungkap Made melalui keterangan tertulisnya yang diterima Palugadanews.com, Minggu (29/11/2020).

“Tentunya petugas yang melaksanakan layanan On the spot service ini tetap melaksakan protokol kesehatan yang ketat agar terhindar dari Covid-19 ,” kata dia.

Layanan ini yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 2 November 2020 lalu, merupakan salah satu upaya Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat khususnya perusahaan pengguna tenaga kerja asing.

Petugas Imigrasi, kata dia, melayani proses keimigrasian izin tinggal secara langsung di tempat tinggalnya atau di lokasi kerja orang asing tersebut menggunakan mobile biometrik.

“Selain sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, layanan ini dibuat karena sulitnya TKA yang akan keluar dari lokasi tempat kerja karena adanya aturan ketat dari perusahaan tidak membolehkan keluar masuk dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Menurut dia, layanan ini sudah dirasakan oleh masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19.

“Layanan ini di rasa sangat membantu dan bermafaat selama pandemi berlangsung. Karenanya petugas kami akan datang langsung dengan sepenuh hati, membantu untuk memberikan layanan terbaiknya kepada pemohon dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya.