PJ Sekda Muara Enim Hadiri Rakor Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

Rapat koordinasi (Rakor) pencegahan tindak pidana Korupsi b

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pencegahan tindak pidana korupsi bersama KPK dan Pemprov Sumsel beserta pemerintah kabupaten/kota se Sematera Selatan, di Auditorium Graha Bina Praja, Palembang, Kamis (15/4/2021).

Ketua KPK Firli Bahur dalam arahannya menekankan kepala daerah juga termasuk penyelenggara pemerintahan di daerah agar berkomitmen mendukung tugas dan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai strategic partner.

Baca Juga:

“Kita mengharapakan hal ini dapat menjadi trusted advisor atau penasihat yang baik bagi kepala daerah, dan sebagai early warning system untuk memberikan masukan sebelum terjadi penyimpangan dengan memetakan risiko,” kata dia.

Lebih lanjut Firly menekankan peran penting kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan,

“Diantaranya mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan, menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi, menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan berusaha serta menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani disela kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Selatan, yang telah menginisisasi terlaksananya pertemuan langsung bersama ketua KPK Republik Indonesia.

“Ini merupakan kesempatan yang baik bagi penyelenggara pemerintahan termasuk kepala daerah untuk langsung menyampaikan aspirasi dan saran, pendapat serta pemikiran terkait kebijakan dan pengambilan keputusan oleh penyelenggara pemerintahan tentang pengadaan barang dan jasa sekaligus permasalahan lainnya dimasing-masing daerah,” kata dia.