SIBA PTBA Panen Perdana Rosela di Desa Lingga

SIBA PTBA bersama tim PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan Desa Lingga melakukan panen perdana rosela di Desa Lingga, Sabtu (22/8/2020).

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) PT Bukit Asam (PTBA) bersama tim PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan Desa Lingga melakukan panen perdana rosela di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (22/8/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Manajer Kemitraan CSR PTBA Listati, perwakilan Satker Humas PTBA Herman Ucok dan Didi Priyono. Pengurus SIBA rosella Dian Afriana dan Nesti Gestonaini, perwakilan Kecamatan Lawang Kiduld dan perangkat Desa Lingga.

Baca Juga:

Ketua SIBA Rosella Dian Afriana menyebutkan dari 1500 batang rosela yang ditanam dapat menghasilkan 100 batang dalam masa waktu tanam selama 3 bulan. Ditambahkannya, tanaman rosela ini tidak berbuah dan siap panen diwaktu yang bersamaan.

“Dari hasil penanaman 10 – 20 kilogram bunga rosela segar, dapat diolah menjadi 300 botol sirup rosela ukuran 250 ml. Sejak Februari-Agustus 2020, SIBA rosella telah berhasil memproduksi 3.500 botol, 4.000 kotak teh celup dan 2.000 pouch,” ujarnya.

Untuk mempermudah pengelolaan tanaman ini, kata dia, SIBA center PTBA telah membangun 10 rumah lumbung sebagai pusat produksi, pelatihan dan pemasaran di Desa Lingga.

“Kami berterima kasih atas binaan PT Bukit Asam Tbk yang sebelumnya kami tidak mengerti bagaimana budidaya rosela ini dilakukan, kini kami telah paham,” ujarnya lagi.

Menurut Dian, rosela memiliki peluang usaha yang tinggi. Apalagi masa Covid-19 ini, masyarakat butuh banyak vitamin untuk kekebalan tubuh.

Untuk pemasaran, lanjut dia, pihaknya melakukan penjualan ke rumah makan, toko, supermaket, BUMN lain di wilayah Tanjung Enim, termasuk saat event seperti kegiatan Jumat bersih.

Dihubungi terpisah, Ketua Pembibitan SIBA Rosela, Nesti Gestonaini, mengatakan budidaya rosela, mulai dari proses pembibitan, penggemburan tanah, perawatan dari hama, dan pemanenan dikerjakan sendiri oleh SIBA Rosela.

Selain menanam dan menjual rosela, SIBA Rosela terus mengedukasi pengenalan teknik penanaman dan perawatan yang baik agar hasilnya berkualitas.

“Tentunya keberhasilan ini tak terlepas dari dukungan CSR PTBA yang telah memberikan sumbangsih dalam pembinaan dan pendampingan,” kata Nesti.

Sementara itu, Manajer Humas, Komunikasi dan ADM Korporat PTBA, Iko Gusman, mengatakan Bukit Asam berupaya terus agar dapat tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar.

“PTBA selalu berupaya untuk membangun hubungan yang harmonis di tengah lingkungan yang lestari, memberi manfaat yang seluas – luasnya serta berusaha untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berwawasan lingkungan,” ucap dia.