Puskesmas di Tebat Agung Senilai Rp 6 Miliar diresmikan

Bupati Muara Enim Juarsah meresmikan puskemas di Desa Tebat Agung, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Puskesmas di Desa Tebat Agung, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim senilai Rp 6 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik Kabupaten Muara Enim tahun 2020 diresmikan pemakaiannya ditambah dengan satu unit mobil ambulans, Rabu (3/2/2021).

Dalam sambutan peresmian, Bupati Muara Enim Juarsah mengatakan pembangunan puskesmas Tebat Agung merupakan upaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga: Mencuri Kabel Listrik di Rumah Kosong, Dua Pria Ini Diciduk Polisi

“Pemkab Muara Enim melalui belanja dana alokasi khusus (DAK) fisik Kabupaten Muara Enim tahun 2020 telah mengalokasikan pembangunan gedung Puskesmas Tebat Agung di Kecamatan Rambang Niru dengan total pagu anggaran Rp 6 miliar rupiah,” kata Juarsah.

Sebagai penunjang melalui APBD perubahan tahun 2020, Pemkab Muara Enim juga mengalokasikan satu mobil ambulance PSC dengan anggaran Rp 744 juta rupiah.

“Alhamdulilah, setelah proses pembangunan kurang lebih sekitar 4 bulan ini, akhirnya Puskesmas Tebat Agung telah rampung berdiri kokoh dan megah dengan fasilitas yang lengkap,” ungkapnya.

Baca Juga: Efek Samping yang Sering Terjadi Usai di Vaksinasi Covid-19

Juarsah mengatakan, puskesmas ini siap menerima dan melayani kesehatan masyarakat sekitar, baik Rambang Niru maupun Empat Petulai Dangku dalam pengobatan, layanan konseling maupun pelayanan kesehatan promotif dan preventif lainnya.

“Dengan hadirnya puskesmas baru di tiap kecamatan, Juarsah berharap mampu mendongkrak indeks pembangunan kesehatan masyarakat. Demi bersama-sama mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim yang merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera,” ajaknya.

Baca Juga: Bupati Muara Enim Ajukan Tiga Nama Calon Sekda ke Gubernur

Kemudian pada tahun ini Pemkab Muara Enim juga akan menambah lagi 2 unit puskemas lagi, yaitu puskesmas Empat Petulai Dangku dan puskesmas Panang Enim.

Pembangunan kedua puskesmas ini telah dialokasikan melalui APBD Kabupaten Muara Enim Tahun 2021. “Semua usaha dan pembangunan ini tak lain kami persembahkan agar lebih mendekatkan pelayanan dan pemerataan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.